Cara Membuat RAB Rumah untuk Lampiran Pinjaman Bank

Posted by Endang Kusman 20 Juni 2013 0 komentar
RAB rumah selain diperlukan untuk keperluan perencanaan membangun atau renovasi rumah, juga diperlukan untuk lampiran dokumen pengajuan pinjaman kredit renovasi rumah ke Bank. Bahkan bukan hanya RAB rumah yang diperlukan untuk keperluan tersebut, tetapi juga diperlukan gambar rumah yang akan dibangun atau direnovasi yang berkaitan dengan nilai rupiah yang diajukan. Gambar-gambar yang diperlukan tersebut adalah gambar Denah, Tampak (Depan, Samping, dan Belakang), gambar Potongan/Irisan Melintang dan Memanjang, kalau ada bisa ditambah gambar Detail Kusen Pintu dan Jendela + Gambar 3D kalau memungkinkan.

Untuk keperluan tersebut kalau kita meminta bantuan ahlinya tentu memerlukan biaya. Agar gambar-gambar didapat secara gratis, kita bisa mencarinya di internet yang ukurannya sesuai dengan lahan milik kita yang akan dibangun.

Cara mendapatkan gambar-gambar gratis dari internet yang sesuai dengan yang diperlukan, maka kita harus menyesuaikan dengan nilai RAB yang diminta oleh Bank. Misalnya Bank meminta nilai RAB 200 juta rupiah. Untuk nilai rab 200 juta, untuk saat ini nilai 200 juta setara dengan ukuran rumah 80 sd. 100 m2. Jadi Anda harus mencari gambar rumah type 80 atau type 100. Caranya ketik di Google "gambar denah rumah type 80" atau klik di sini.. . Kalau belum menemukan coba lagi dengan kata kunci yang lain misalnya "desain rumah type 100 lengkap".

Setelah Anda mendapatkan gambarnya, selanjutnya Ada tinggal menghitung atau membuat RAB-nya. Contoh Format RAB bisa Anda lihat di sini.. Sedangkan volume pekerjaannya tentu Anda harus menghitung sendiri, agak susah untuk mencari di internet. Apabila Anda mau mengeluarkan sedikit biaya, maka Anda bisa menggunakan Software RAB.

0 komentar:

Poskan Komentar