Cara Mudah dan Cepat Membuat RAB Rumah

Posted by Endang Kusman 08 Januari 2013 0 komentar
RAB Rumah - Ketika seseorang merencanakan akan membangun atau merenovasi rumah, maka yang terfikir dibenaknya adalah berapa rupiah biaya yang diperlukan untuk mewujudkan keinginan akan sebuah rumah idaman tersebut. Untuk mengetahui jumlah biaya yang diperlukan untuk membangun atau renovasi rumah, maka yang harus kita lakukan adalah membuat rancangan rumah yang diinginkan, berapa m2 ukuran lahan, dan berapa m2 luas rumah yang diinginkan.

Setelah kita memiliki rancangan tersebut, sebaiknya kita membuat gambarnya yang lebih jelas ukuran-ukurannya, bahan material yang akan akan dgunakan, dst. Apakah dengan gambar tersebut kita sudah bisa mengetahui jumlah biaya yang diperlukan? Tentu saja belum, kita harus menghitungnya yakni membuat dan menyusun rencana anggaran biaya rumah (RAB).

Ada cara pintas untuk meprediksi kebutuhan biaya rumah secara global, yaitu dengan cara mengalikan luas bangunan dengan harga bangunan per m2. Orang untuk mendapatkan harga per m2 biasanya mendapat informasi dari seorang teman atau tetangga yang belum lama membangun rumah. Cara tersebut lumayan, kalau kita hanya sekedar ingin mengetahui secara kira-kira. Namun validitasnya bisa diragukan, karena estimasi tersebut hanya berdasarkan kira-kira, tidak berdasarkan ilmu.

Ada cara yang sangat mudah untuk menghitung RAB rumah yaitu dengan menggunakan alat bantu "Software RAB". Dengan Alat tersebut Anda akan mendapatkan nilai estimasi berdasarkan analisa harga satuan pekerjaan konstruksi, sehingga nilai yang diperoleh bukan lagi berdasarkan kira-kira. Dengan alat Software RAB, selain Anda mengetahui rincian kebutuhan biaya per item pekerjaan, Anda juga akan mengetahui jumlah bahan material yang diperlukan. Info selengkapnya tentang Software RAB bisa Anda kunjungi di website www.softwarerab.com. Semoga informasi tersebut ada manfaatnya untuk Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar