Renovasi Rumah KPR-BTN Type 21/72 Posisi di Tengah

Posted by Endang Kusman 07 September 2012 2 komentar
Merancang tata ruang rumah kopel KPR type kecil yang posisinya di tengah bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kebutuhan ruangan tidak terpenuhi walau dibuat 2 lantai. Ruangan yang paling banyak diperlukan adalah ruang tidur. Posisi rumah kopel di tengah hanya memiliki satu bilik ruang bebas, yakni hanya pada bagian depan. Sedangkan kedua samping dan belakang sudah tembok rumah tetangga.

Pada posting kali ini saya ingin berbagi membantu Anda memberikan contoh tata ruang/denah untuk rumah kopel kpr-btn type 72 yang posisinya di tengah. Dengan lebar lahan bagian depan 6 m dan panjang ke belakang 12 m, bagaiman cara mengaturnya agar rumah kita tetap mendapatkan sirkulasi udara serta pencahayaan yang cukup, sehingga rumah kita tergolong rumah yang memenuhi persyaratan sebagai rumah sehat.

Dalam merancang tata ruang/denah untuk kondisi lahan seperti di atas, tentunya kita harus bijak dalam mempertimbangkannya, sehingga tidak ada hal vital dikorbankan. Pertimbangan pertama adalah pencahayaan dan sirkulasi udara (ventilasi). Ventilasi dan sirkulasi udara hanya akan didapat dari ruang terbuka, sedangkan lahan di atas hanya memiliki 1 sisi ruang terbuka yaitu bagian depan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka di bagian dalam mau tidak mau harus berani mengorbankan space untuk ruang terbuka. Ini penting dan harus diupayakan. Lebih baik mengorbankan satu space untuk ruang tidur dari pada mengabaikan faktor kesehatan. Sebab solusi untuk memenuhi kamar tidur masih ada cara lain yang lebih bijak dari pada mengorbankan ruang terbuka. Sebagai contoh, Anda punya anak 4 orang 2 orang wanita dan 2 orang pria. Anda berfikir ingin membuatkan seorang satu kamar tidur walaupun kecil misalkan masing-masing 2 x 3 m.  Berarti perlu lahan 4 x 2 x 3 m = 24 m2. Menurut saya itu kurang bijak, jika melihat kondisi lahan seperti itu. Menurut saya Anda lebih baik membuat 2 buah kamar tidur anak dengan ukuran yang standard misalnya 3 x 3 m, sehingga memerlukan lahan 2 x3 x 3 m = 18 m2. Sehingga ada selisih 6 m3 (2 x 3 m).. untuk ruang terbuka.

Mengapa saya berpendapat begitu? Alasannya adalah Anda bisa menempatkan putra-putri Anda 2 orang setiap kamar yang sama-sama jenis kelaminnya. Ukuran kamar tidur 3 x 3 m adalah standard untuk rumak kpr. Agar kamar tidur terkesan luas maka Anda gunakan tempat tidur bertingkat nomor 3, sehingga masih ada space untuk 2 bh meja belajar. Seperti itulah kira-kira solusinya.

Berikut ini adalah contoh gambar denah renovasi untuk rumah kopel kpr-btn type 21/72 posisi di tengah, sengaja saya buatkan untuk anda (asli : bukan hasil copy paste).
Gambar Desain Rumah Kopel KPR-BTN Type 21/72 Posisi di Tengah
Redesain Rumah Kopel KPR-BTN
Type 21/72 Posisi di Tengah

Itulah posting saya kali ini tentang renovasi rumah kopel lahan 72 m2 posisi di tengah. Semoga Anda dapat terbantu. Silahkan kontak saya apabila Anda memerlukan gambar aslinya (format AutoCad).

2 komentar:

  1. wah, keren.. lengkap ni disini tentang perumahannya sob.. :D

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat untuk kalangan menengah ke bawah.. Kira kira kalo kita mau banguntanpa lantai atas menghabiskan biaya brapa yaa... Kalo bisa lebih terperinci bahan bahan nya yanh di perlukan dan anggaran biaya yang harus di siapkan.. Thank

    BalasHapus

Maaf, komentar: promosi, asal nulis, tidak relevan dg posting, pasang link, akan langsung dihapus!