Memilih Pasir dan Split untuk Adukan Beton Cor Rumah Tinggal

Posted by Endang Kusman 28 Juli 2012 2 komentar
Mesin Alat Mencampur Adukan Semen Beton
Sebelum menjelaskan cara memilih pasir dan split yang baik untuk campuran beton, perlu  diketahui bahwa sebuah bagunan bertingkat dengan konstruksi beton bertulang, maka beton adalah merupakan bagian yang harus benar-benar diperhatikan kualitasnya, sebab kalau tidak.. bagunan bisa ambruk atau roboh. Barangkali utuk bangunan-bangunan besar/perkantoran tidak perlu dikuatirkan, sebab pada umumnya menggunakan beton ready mix yang dapat dipercaya kualitasnya. Tetapi bagaimana dengan bangunan rumah tinggal yang tidak mungkin menggunakan adukan beton ready mix karena alasan tertentu.

Untuk sebuah bangunan kecil seperti rumah tinggal wakaupun bertingkat yang lokasinya jauh dari jalan raya dan tidak mungkin menggunakan adukan beton ready mix. maka agar kualitas beton tidak jauh berbeda dengan beton ready mix, maka sebelumnya mempersiapkan bahan-bahan yang berkualitas, terutama pasir beton dan split harus bahan yang benar-benar baik, sedangkan semen barangkali tidak perlu khawatir bahwa semua merek dijamin baik.

Seandainya kita akan melakukan pengecoran lantai rumah yang sudah terpasang besi dan sudah siap di cor adukan beton. Beberapa hal yang harus diperhatikan agar kita bisa mendapatkan beton site mix (mengaduk di tempat) yang berkualitas :

  1. Pasir Beton. Persiapkan jauh-jauh hari pasir beton yang berkualitas baik. Pasir beton yang berkualitas tidak mengandung lumpur/tanah. Untuk mengujinya dengan cara merendam setengah ember pasir dengan air. Kemudian perhatikan apabila banyak mengandung tanah maka air akan seperti lumpur. Itu tandanya kualitas pasir jelek. Apabila sudah terlanjur dibeli dan tidak mungkin dikembalikan, maka jalan satu-satunya harus dicuci dengan cara disemprot dengan air sampai tanahnya hilang.
  2. Split Giling. Siapkan split giling yang berkualitas. Split giling yang berkualitas nomor 1 dibuat dari gilingan batu sangat keras dan kalau kita pegang patahannya tajam. Jangan sampai menggunakan split berkualitas jelek.
  3. Semen. Semen saya kira semua merek sudah tidak perlu diragukan lagi sebab sudah Standard Nasional (SNII).
  4. Mesin Beton Molen. Memesan mesin campur beton jauh-jauh hari. Pastikan mesin yang dipesan kondisinya baik, sebab kalau seandainya mogok pada waktunya kan berabe.
  5. Mandor. Mintalah mandor agar menggunakan perbandingan campuran yang benar dan konsisten (tidak berubah-ubah) misalnya perbandingan adukan : 1 Semen : 2 Pasir : 3 Split.

Itulah cara memilih pasir dan split untuk campuran beton. Jika tidak dapat melakukan pengawasan sendiri, tunjuklah seorang mandor yang perpengalaman dan ahli untuk mengawasi seluruh pekerjaan bangunan rumah Anda. Jangan sekali-kali menugaskan pelaksana pekerjaan sekaligus mengawasi. Harus ada orang yang ditunjuk khusus untuk mengawasi, agar keberfihakan kepada Anda akan lebih besar. Apabila ada Saudara atau kerabat yang ahli, akan lebih baik membayar Saudara atau kerabat.

2 komentar:

  1. terima kasih infonya gan...sangat bermanfaat sekali.
    butuh info seputar harga paving block/conblock, buis beton, batako, kunjungi website kami:
    http://www.pavingbloc.com/
    thanks

    BalasHapus
  2. @pavingblock.. trims atas kunjungan dan komentarnya. Sayang sekali ketika saya kunjungan balik, blog Anda tidak tersedia ruang komentar.. jadi saya tidak dapat meninggalkan pesan.

    BalasHapus

maaf, bagi yang akan promosi bukan disini..! komentar yang tidak relevan dan pasang link tidak akan pernah muncul sebab akan langsung masuk kotak spam.