RAB Rumah - Anggaran Membangun Rumah

Posted by Endang Kusman 20 Maret 2013 0 komentar
RAB Rumah adalah Rencana Anggaran Biaya membangun Rumah. Dalam dunia teknik sipil/arsitektur,  RAB merupakan bagian penting dari perencanaan konstruksi bangunan. Ruang lingkup bangunan  cukup luas, meliputi konstruksi bangunan air, konstruksi bangunan jalan dan jembatan, bangunan konstruksi baja, bangunan gedung, bangunan rumah tinggal, dsb.

Pada perencanaan bangunan sebuah rumah tinggal, diperlukan sebuah dokumen perencanaan  yang terdiri dari gambar-gambar teknik, RAB, dan RKS. Gambar-gambar teknik terdiri dari gambar-gambar : denah, tampak (depan, samping kanan/kiri, dan belakang), gambar potongan melintang/memanjang, gambar rencana atap/lantai, gambar detail/penjelasan, instalasi listrik, instalasi air, dll. masih banyak. RAB, yaitu rencana anggaran biaya yang merupakan uraian pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan yang secara rinci dan lengkap memuat volume pekerjaan yang akan dilaksanakan, harga satuan setiap item pekerjaan, jumlah biaya per item pekerjaan, dan nilai total biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah tinggal. Sedangkan RKS, adalah rencana kerja dan persyaratan konstruksi yang akan dan harus dilaksanakan.

Ketiga item dalam dokumen perencanaan tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dan ketiganya merupakan pedoman dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pekerjaan. Gambar adalah pedoman untuk menentukan biaya dan pedoman pelaksanaan. RAB merupakan pedoman untuk mempersiapkan kebutuhan biaya, untuk menilai dan mengevaluasi proses pelaksanaan dan hasil pekerjaan. Sedangkan RKS merupakan pedoman yang akan menjelaskan mengenai waktu pelaksanaan, kualitas bangunan, dan hal-hal lain yang tidak tercantum dalam gambar-gambar teknis. Pembangunan rumah-rumah milik orang kaya/rumah mewah, sudah dipasitikan memiliki dokumen perencanaan yang lengkap, sebab rata-rata pelaksanaan pembangunannya dilaksanakan oleh kontraktor yang berpengalaman dalam pembangunan rumah-rumah mewah.

Kaitannya dengan rumah-rumah sederhana, apakah rumah masyarakat biasa (rumah sederhana) memerlukan dokumen perencanaan? Jawaban yang paling tepat menurut saya adalah Ya! tetap memerlukan dokumen perencanaan walaupun untuk rumah sederhana. Namun, tentunya dokumen prencanaanyapun tidak akan sekompleks dokumen perencanaan sebuah rumah mewah. Mengapa rumah sederhana perlu dokumen perencanaan, bukankan pada umumnya orang-orang membangun tanpa dokumen perencanaan!? Ya.. benar, hampir 100% masyarakat pedesaan tidak pernah membuat dokumen perencanaan ketika mereka akan membangun rumah. Mereka cukup berkonsultasi dengan tukang bangunan yang sudah terbiasa dipakai oleh masyakat. Si tukang akan menentukan nilai biaya yang diperlukan, dan yang punya rencana langsung percaya dan mempersiapkan dana yang diperlukan. Sebenarnya, secara logika sistem perencanaan tetap ada, hanya model perencanaannya adalah model klasik dan tradisional dengan berdasarkan kepercayaan. Tetapi apakah cara-cara seperti itu bisa diterapkan di perkotaan? Saya tidak yakin Anda tidak akan percaya begitu saja kepada seorang tukang bangunan.

Jadi, RAB Rumah merupakan bagian penting dan tidak dapat dipisahkan dengan dokumen lainnya. Bagi masyarakat perkotaan yang akan membangun rumah perlu dibuat walaupun dengan cara-cara yang sederhana. Yang paling penting dari sebbuah dokumen perencanaan rumah adalah, ketika kita merencanakan akan membangun sebuah rumah, sebelumnya harus mengetahui unsur-unsur sbb : biaya yang diperlukan, bahan-bahan yang akan dipergunakan, kualitas bangunan yang akan dibuat, model desain bangunan yang diinginkan, ruangan-ruangan yang perlu dibuat, pembuatan IMB sebelum membangun, sistem pelaksanaan pekerjaannya (sistem harian atau borongan), dsb. 

Sebuah rumah yang memiliki dokumen perencanaan yang lengkap, dan pembangunannya dilaksanakan oleh pelaksana yang ahli dan berpengalaman dan berbadan hukum, maka rumah yang bersangkutan akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah lainnya yang tidak memiliki dokumen perencanaan. Dokumen perencanaan yang memiliki nilai lebih adalah dokumen perencanaan yang dibuat oleh ahlinya dan memiliki kewenangan untuk membuatnya, dalam hal ini adalah konsultan perencana konstruksi.

Itulah sekelumit tentang perlunya RAB Rumah yang merupakan bagian dari dokumen perencanaan. Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan dapat menambah wawasan Anda.


0 komentar:

Poskan Komentar

maaf, bagi yang akan promosi bukan disini..! komentar yang tidak relevan dan pasang link tidak akan pernah muncul sebab akan langsung masuk kotak spam.